Resep Sosis Solo Ekonomis Tanpa Santan Enak

Resep Sosis Solo Ekonomis Tanpa Santan Enak – Banyak yang mengira kalau sosis solo adalah lumpia, padahal kedua makanan ini sangat-sangat berbeda.  Sosis solo adalah makanan khas solo dengan cita rasa gurih dan dan sedikit manis.  Idealnya sosis solo dijadikan sebagai snack atau cemilan di waktu senggang.  Bagi anda para penyuka pedas, akan sangat nikmat rasanya menyantap sosis solo dengan tambahan cabai rawit atau sambal botolan.

Kali ini tidak perlu jauh-jauh untuk mencicipi sosis solo, karena anda bisa memasak serta meracik sendiri bumbu satu ini di rumah. Caranya cukup mudah anda hanya perlu membaca sekaligus mengikuti resep sosis solo yang sudah kami tuliskan di bawah ini.  Untuk menjaga keaslian rasa, pastikan bahwa takaran yang anda gunakan pas.

17. resep sosis solo

Bahan yang dibutuhkan :

  • Tepung terigu sebanyak 250 gram
  • Telur ayam sebanyak 6 butir
  • Dada ayam sebanyak 400 gram
  • Garam halus sebanyak 2 sdt
  • Gula pasir sebanyak 2 sdm
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Merica bubuk sebanyak ½ sdt
  • Air bersih sebanyak 500 ml

Cara membuat sosis solo

  1. Langkah pertama kita buat dahulu adonan untuk kulit atau dadaranya. Siapkan wadah bersih seperti mangkuk kemudian masukan bahan seperti tepung terigu, telur ayam, garam halus dan air. Aduk dan disaring adonan agar hasil yang didapat lebih halus dan bebas dari gumpalan tepung.
  2. Ambil wajan anti lengket atau teflon kemudian tuang 1 sendok sayur adonan dadar. Buat dadaran tipis-tipis dan lakukan sampai adonan habis kemudian sisihkan.
  3. Untuk bahan isian yang pertama anda lakukan adalah rebus dada ayam hingga matang. Jika sudah dingin suwir-suwir.
  4. Ambil wajan bersih dan tuangkan sedikit minyak. Masukan bawang putih dan merica yang telah dihaluskan, kemudian aduk rata.
  5. Masukkan suwiran ayam dan tuangkan air, kemudian aduk-aduk rata.
  6. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa sambil diaduk-aduk. Koreksi rasa agar sesuai selera dan matikan api kemudian biarkan hingga dingin.
  7. Untuk penyelesaian ambil 1 dadaran kulit kemudian tambahkan bahan isian di atasnya. Lipat menyerupai amplop.  Lakukan sampai adonan habis dan sisihkan.
  8. Panaskan wajan dan tuang sedikit minyak. Biarkan wajan dan minyak panas dengan api sedang. Celupkan sosis solo ke dalam kocokan telur kemudian goreng hingga matang, angkat, tiriskan dan sosis solo siap untuk dihidangkan.

Selain itu gunakan bahan-bahan yang anda pilih adalah bahan yang segar.  Kesegaran bahan dan takaran yang tepat adalah kunci utama hidangan yang lezat.  Sebenarnya sosis solo identik dengan daging ayam, tetapi jika ingin memodifikasi bisa saja daging ayam anda ganti dengan daging sapi atau kornet. Selain memperkaya rasa, tentu nafsu makan akan bertambah jika bahan dan rasa disesuaikan dengan selera.

Add Comment