Resep Cara Membuat Ayam Rica-rica Pedas dan Lezat

Resep Cara Membuat Ayam Rica-rica Pedas dan Lezat – Tahukah kamu kalo ayam rica-rica adalah salah satu makanan khas Manado, Sulawesi Utara? “Rica” itu karna cabai atau pedas. Para pencinta kuliner sangat mencari-cari sajian masakan ayam rica-rica karena pedasnya yang khas dan menggoda. Ayam rica-rica yang enak ini gampang banget loh cara bikinnya dan kamu bisa coba buat bikin di rumah sekalipun kamu nggak suka-suka banget masak. Kalo kamu mau coba bikin ayam rica-rica ini untuk dijadikan santapan keluarga kamu yuk kita intip resep dari ayam rica-rica ini.

Sejarah ayam ric-rica :

Ayam rica-rica adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang asalnya dari Sulawesi Utara, Manado. “Rica “ ini adalah kata kunci dari “Cabai” atau “Pedas”, yang kalo kita coba deskripsikan yakni ayam pedas yang bumbunya cabe. Sampai saat ini belum ada yang tahu siapa yang memberikan masakan tradisional ini ayam rica-rica, tapi yang jelas nama “rica” sudah menjadi ciri khas dari makanan tradisoinal yang berasal dari Manado ini.

Resep Cara Membuat Ayam Rica-rica Pedas dan Lezat

Bahan-bahan Ayam Rica-Rica :

  • Ayam kampung 1 ekor, dipotong menjadi 8 bagian
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Jeruk nipis 1 buah, peras kemudian ambil airnya
  • Serai 3 batang, lalu memarkan
  • Minyak goreng untuk menggoreng sebanyak 5 sendok
  • Bawang putih 6 siung, lalu cincang sampai halus.

Bumbu-bumbu ayam rica-rica yang harus dihaluskan :

kalo di Manado ada cabai merah tertentu yang biasa digunakan untuk membuat sambal. Tapi kita bisa pake cabai merah lain kok.

  • Gula ½ sendok teh
  • Cabai rawit 10 buah
  • Garam 1 sendok teh
  • Cabai merah 12 buah
  • Jahe 5 cm
  • Bawang merah 10 siung

Pelengkap masakan Ayam Rica-Rica :

Kamu bisa hidangkan dengan mentimun dan daun kemangi atau dengan nasi bungkus

Langkah-langkah membuat Ayam Rica-Rica :

  1. Siapkan wajan kemudian panaskan 5 sendok makan minyak goreng diatas api sedang
  2. Kemudian tumis bawang putih sampai harum
  3. Lalu masukkan daun jeruk, bumbu serai dan air perasan jeruk nipis, kemudian tumis juga bumbu-bumbu yang lain sampai matang
  4. Selanjutnya masukkan potongan ayam dan aduk sampai bumbu-bumbu merata
  5. Tutup masakan dan biarkan masakan sampai benar-benar matang
  6. Dan hidangkan masakan dengan ditemani nasi bungkus

Masakan ini untuk 6 porsi dan untuk kalorinya adalah 283 kkal/porsi. Gampang banget kan buat bikin Ayam Rica-Rica untuk dihidangkan pada keluargamu di rumah tercinta. Yuk kita coba bikin sendiri di rumah daripada beli di restora hehe. Selamat mencoba ya ka .

Terima kasih

Incoming search terms:

  • resep rica rica ceker
  • cara masak rica rica ceker
  • masakan rica rica b2 surabaya
  • cara masak ayam rica rica dan bahan bahan bumbunya

Add Comment