Cara Membuat Nugget Ikan Spesial Enak dan Gurih

Cara Membuat Nugget Ikan Spesial Enak dan Gurih – Makanan nugget merupakan makanan kesukaan anak-anak, makanan ini menjadi favoritnya karena bentuknya yang unik serta rasanya yang enak dan gurih. Makanan nugget awalnya hanya terbuat dari daging ayam atau yang dikenal dengan chicken nugget, tetapi karena adanya inovatif dari pengolahan makanan nugget yang dapat kita kreasikan sehingga pembuatan nugget dapat dicampurkan dengan berbagai bahan jenis yang bervariatif seperti bahan jenis sayuran, dan berbagai bahan jenis ikan atau sejenis seafood. Seperti sajian nugget yang satu ini bahan dasarnya menggunakan ikan kakap, jenis ikan kakap memiliki daging yang sangat enak dan gurih serta empuk dan pulen tekstur dagingnya, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan dasar pembuatan makanan nugget yang rasanya tidak kalah enak dengan rasa chicken nugget. Nahh,,,bagi temen-temen yang ingin mencoba membuatnya, silahkan lihat dan ikuti panduan resep dibawah ini.

nuget-ikan-kakap-tokomesin

Bahan-bahan nugget ikan :

  • Ikan kakap 500 gram, ambil dagingnya dan haluskan
  • Telur 5 butir, 3 untuk pembuatan akhir dan 2 untuk adonan
  • Tepung tapioka 2 gelas
  • Tepung panir 1-2 gelas
  • Wortel 300 gram
  • Bawang bombay 100 gram
  • Susu full cream 300 cc
  • Keju secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat nugget ikan :

  1. Cuci bersih wortel dan iris-iris kecil hingga lembut, kemudian tiriskan
  2. Kupas kulit bawang bombay dan cuci bersih, kemudian potong-potong agak halus, lalu kita sisihkan sebentar.
  3. Siapkan wadah dan taruh daging ikan kakap yang sudah dihaluskan kedalamnya, campurkan dengan susu dan aduk rata, lalu masukkan potongan bawang bombay dan wortel, serta keju dan penyedap rasa, kita aduk-aduk sampai semuanya tercampur rata.
  4. Kemudian masukkan telur 2 butir kedalam adonan, dan tambahkan dengan tepung panir dan tepung tapioka, lalu aduk-aduk kembali sampai rata.
  5. Siapkan loyang dan olesi dengan sedikit mentega, lalu tuangkan adonan nugget kedalam loyang tersebut dan kukus kurang lebih selama 40-50 menit.
  6. Jika adonan nugget sudah terlihat matang, kita angkat dan keluarkan dari kukusan, dan biarkan adonan nugget menjadi dingin dan padat, kurang lebih kita diamkan selama 1 jam.
  7. Sesudah nugget menjadi dingin, kita potong-potong sesuai selera, lalu celupkan potongan nugget kedalam kocokan telur, dan baluri dengan tepung panir, kemudian goreng dalam minyak yang panas hingga warna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Sajikan nugget yang sudah digoreng.

Sajian nugget kurang lengkap dan kurang mantap rasanya tanpa adanya tambahan saus mayonaise dan saus sambal botol, dan akan lebih enak jika dinikmati selagi masih hangat. nugget yang sudah siap pakai (sudah jadi) dapat kita simpan dalam freezer agar awet dan tidak cepat rusak, dan jika anda ingin menyajikannya anda tinggal menggorengnya saja, praktis kan?. Selamat mencobanya dirumah yachh….!

Add Comment