Resep Kue Lumpur Lembut Lezat Nikmat dan Sederhana

Resep Kue Lumpur Lembut Lezat Nikmat dan Sederhana – Kue ini banyak digemari orang. Taburan kismis diatasnya dan teksturnya yang lembut. Kue lumpur kentang keju atau susu adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Makanan yang berbahan dasar kentang dan ditaburi kismis diatasnya ini murah banget harganya dan makanan ini pun gampang banget ditemukan di warung-warung atau toko di sekitar rumah kita. Kendala dari pengolahan kue lumpur ini adalah cetakan kuenya namun cetakannya bisa disiasati dengan menggunakan cetakan cup cake dan juga banyak yang belum tahu bagaimana cara membuat kue lumpur yang benar.

Sampai saat ini belum ada yang mengetahui asal kue lumpur ini. karena teskturnya yang lembut dan basah membuat kue ini disebut dengan nama kue lumpur. Mau dikasih nama apapun, kue lumpur ini adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia, termasuk aku J. Ini dapat dibuktikan karena seringkali kue lumpur ini dihidangkan pada jamuan-jamuan masyarakat kita.

Seperti kue pie susu atau kue-kue lainnya, resep kue lumpur ini dapat dibuat dengan bahan-bahan yang sudah terjamin keenakannya. Di daerah-daerah tertentu aku nemuin aneka olahan dari makanan kue lumpur ini contohnya kue lumpur kentang susu, kue lumpur pandan, kue lumpur keju, kue lumpur coklat dan kue lumpur lainnya. Kalo kamu suka ngolah makanan kamu bisa coba bikin Kue Lumpur ini di rumah, yuk kita intip resep dan cara membuat kue lumpur ini.

images

Bahan – bahan Resep Kue Lumpur (sesuaikan dengan selera)

  • Untuk toping kue lumpur siapkan kismis secukupnya
  • Parutan kelapa, untuk variasi rasa kamu bisa juga menggantinya dengan coklat atau parutan keju
  • ½ sendok teh vanilla dan garam dapur atau sesuai selera
  • Margarin yang sudah dicairkan sebanyak ¼ kg
  • Telur ayam sebanyak 3-5 butir telur (kamu bisa gunakan 3 butir telur untuk telur yang berukuran besar dan 5 butir telur untuk telur berukuran kecil.
  • Santan kental dari buah kelapa sebanyak 750ml – 850 ml, atau kamu bisa pake santan kemasan yang ada di toko.
  • Tepung terigu untyk membuat kue sebanyak 200 gram
  • Gula pasir putih local 200 gram , bisa juga kamu kurangi jika kurang suka manis
  • Kentang dengan kualitas bagus lalu dikukus sebanyak 250 gram, haluskan kentang sampai benar-benar lembut dan halus.

Langkah – langkah membuat kue lumpur yang enak :

  1. Siapkan wadah yang besar untuk membuat adonan, pecahkan semua telur dan campurkan dengan vanilla dan gula pasir putih 200 gram
  2. Aduk adonan tadi lalu kocok adonan sampai semua adonan tercampur rata
  3. Kemudian campurkan juga kentang yang sudah dikukus tadi ke dalam adonan, lalu aduk dengan perlahan sampai semua adonan tercampur rata. Masukkan kentangnya perlahan-lahan ya karna kalo bersamaan adonannya tidak akan lembut.
  4. Selanjutnya masukkan garam dan santan sedikit demi sedikit dan aduk perhalan ya agar adonan tercampur rata.
  5. Kemudian tuangkan margarin yang sudah dicairkan, lalu aduk-aduk sampai semua bahan benar-benar tercampur rata
  6. Selanjutnya siapkan cetakan, kamu bisa pakai cetakan cup cake atau cetakan kue apem. Panaskan cetakan kemudian olesi margarin agar tidak lengket dan tuangkan adonan kue lumpur kedalam cetakan.
  7. Saat menuangkan adonan cukup tuangkan setengahnya saja karna adonan akan mengembang, dan untuk hasil yang maksimal saring adonan dengan saringan agar tidak ada gumpalan tepung yang tersisa
  8. Masak sekitar 2 menit dengan menggunakan api kecil. Lalu masukkan toping seperti parutan kelapa, parutan keju dan kismis diatas kue lumpur agar lebih manis dan enak.
  9. Masak lagi kue 3 sampai 4 menitan dengan menggunakan api kecil dan pastikan kue lumpur benar-benar matang sampai ke dalam. Tusuk kue dengan lidi atau tusuk gigi agar kita mengetahui tingkat kematangan kue lumpur.

Bikin kue lumpur memang membutuhkan waktu yang agak panjang. Sebernarnya cara bikinnya gampang banget kok apalagi bikinnya pada saat libur. Setidaknya kita bisa berkreasi dan menngunakan bahan yang sehat untuk membuat makanan bagi keluarga yang sehat ataupun sedang sakit.

Gimana, mau coba bikin kue lumpur dengan variasi lain? Yuk dishare lewat social media sama orang-orang terdekat kamu barang kali mereka membutuhkannya. Selamat mencoba J

Terima kasih.

Add Comment