Resep Kerupuk Kulit Dorokdok Gurih dan Renyah

Resep Kerupuk Kulit Dorokdok Gurih dan Renyah – Siapa bilang kita tidak bisa membuat kerupuk sendiri?  Membuat kerupuk ternyata tidak sesulit yang anda bayangkan, apalagi panganan yang bisa dijadikan cemilan ini memiliki tekstur yang garing dengan rasa dominan gurih.  Tidak heran jika kerupuk dijadikan teman makan apa saja, termasuk juga teman makan nasi.  Kehadiran kerupuk di indonesia beraneka ragam, salah satunya adalah kerupuk kulit dorokdok.  Tahukah anda bahwa kerupuk kulit dorokdok ini berasal dari daerah Garut Jawa Barat dan memiliki keistimewaan rasa yang luar biasa?

Berbeda dengan kerupuk lainnya, kerupuk dorokdok ini kaya akan rempah.  Penggunaan kulit juga tidak boleh sembarangan karena akan mempengaruhi rasa, tekstur sekaligus warna kerupuk nantinya.  Kerupuk dorokdor ini juga menggunakan gula merah loh, jadi dijamin rasanya akan cocok di lidah.  Nah penasaran?  Yuk segera buat kerupuk dorokdok ini dirumah, simak Resep Kerupuk Kulit Dorokdok bersama ya.

kerupuk kulit atau dorokdok (foto: ist)

Bahan-bahan yang harus disiapkan

  • Kulit sapi sebanyak 1 kg
  • Garam sebanyak 50 gram
  • Bawang putih sebanyak 25 gram
  • Gula sebanyak 25 gram
  • Air kapur secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Kulit Dorokdok :

  1. Pertama cuci bersih terlebih dahulu kulit sapi yang telah dipersiapkan bila perlu kerok dengan menggunakan sendok agar bulu dan kotoran yang menempel rontok.  Rendam kulit sapi tersebut dengan menggunakan air kapur kurang lebih selama 2 hari.
  2. Setelah itu, jemur kulit sapi tersebut sampai benar-benar kering.  Jika sudah, potong kulit sapi selesai dengan selera, sisihkan.
  3. Ambil bumbu yang sudah disiapkan, yaitu bawang putih, gula dan garam, lalu haluskan
  4. Ambil  kulit sapi yang telah kering, lalu rebus kembali dengan menambahkan bum,bu halus.  Masak sampai air berkurang dan bumbu meresap ke dalam kulit.
  5. Jemur kembali potongan kulit sapi yang sudah direbus sampai benar-benar kering.  Kulit sapi yang sudah tidak ada lagi kadar airnya akan terasa sangat ringan dan terlihat bening, ini tanda bahwa kulit sapi siap untuk digoreng.
  6. Penggorengan kerupuk dorokdok ini dilakukan sebanyak 2 kali, yang pertama dengan menggunakan api yang sedang, goreng sampai kerupuk mekar, lalu angkat dan tiriskan.
  7. Sedangkan penggorengan ke dua menggunakan api besar dan pastikan bahwa minyak benar-benar panas.  Goreng kerupuk sampai mengembang dengan sempurna dan garing, angkat dan tiriskan.

Kerupuk dorokdok yang terbuat dari kulit sapi ini sangat nikmat untuk dijadikan teman makan siang.  Dibuat sebagai bahan tambahan sambal krecek juga tidak kalah nikmatnya.  Jadi tunggu apa lagi, yuk segera coba.

Incoming search terms:

  • cara membuat dorokdok
  • cara membuat dorokdok agar mengmbang
Resep Kerupuk Kulit Dorokdok Gurih dan Renyah | Syella Zaneta Poetri | 4.5