Cara Membuat Kerupuk Jengkol Mudah Renyah dan Gurih

Cara Membuat Kerupuk Jengkol Mudah Renyah dan Gurih – Jika biasanya jengkol diolah sebagai lauk makan, maka kali ini ada resep kerupuk jengkol yang bisa menjadi cemilan anda sehari-hari. Jengkol merupakan bahan makanan yang memiliki rasa seperti kentang dengan gizi yang tinggi. Jengkol biasanya diolah menjadi semur jengkol atau jengkol balado. Tetapi makanan yang satu ini sering dijauhi oleh banyak orang karena baunya yang menyengat. Selain diolah menjadi lauk yang dimakan bersama nasi, ternyata jengkol juga bisa diolah menjadi cemilan yang lezat seperti kerupuk jengkol. Berikut ini adalah cara membuat kerupuk jengkol.

Bahan-bahan untuk Membuat Kerupuk Jengkol:

  • Jengkol sebanyak 1 kg
  • Tepung tapioka
  • Bawang putih sebanyak 50 gram, dihaluskan
  • Air hangat sebanyak 300 ml
  • Minyak goreng sebanyak 2 lt
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Jengkol Mudah Renyah dan Gurih

Cara Membuat Kerupuk Jengkol:

  1. Langkah pertama dalam resep kerupuk jengkol adalah membersihkan jengkol terlebih dahulu. Setelah dibersihkan jengkol kemudian dikupas dan dicuci hingga bersih. Setelah itu rendam dengan menggunakan air bersih selama 20 menit. Jika sudah lewat 20 menit, ganti airnya dan rendam kembali selama 20 menit. Lakukan hal ini minimal 3 kali agar jengkol benar-benar bersih. Kemudian angkat dan tiriskan.
  2. Siapkan panci untuk merebus jengkol. Tuangkan air ke dalam panci dan tambahkan garam secukupnya. Rebus jengkol sampai kulit arinya mengelupas. Kemudian angkat dan tiriskan.
  3. Bersihkan jengkol dari kulit airnya. Setelah itu tumbuk hingga halus. Anda bisa menggunakan ulekan besar untuk menumbuk jengkol. Jika tidak ada maka ulekan yang kecil juga tidak masalah.
  4. Tambahkan tepung tapioka, bawang putih halus, air hangat, garam, dan penyedap rasa. Setelah itu uleni hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Berikutnya adalah membentuk adonan kerupuk jengkol. Bentuk adonan menjadi bulat memanjang seperti lontong. Setelah itu bungkus dengan menggunakan daun pisang atau plastik. Setelah itu kukus adonan selama 40 menit atau sampai matang. Kemudian angkat dan dinginkan.
  6. Setelah adonan kerupuk jengkol dingin, iris tipis-tipis adonan kemudian jemur sampai benar-benar kering. Sebaiknya jemur di bawah terik sinar matahari.
  7. Jika kerupuk sudah kering, goreng dengan menggunakan minyak yang banyak dan bersih. Gunakan api sedang kemudian goreng sampai mekar dan matang. Setelah itu angkat dan tiriskan.

Simpan kerupuk jengkol di dalam toples agar tidak mudah melempem. Demikianlah resep kerupuk jengkol.

Incoming search terms:

  • resep kerupuk jengkol
  • cara menyimpan kerupuk jengkol balado
  • resep kerupuk jengkol renyah dan mekar
  • resep kerupuk sederhana

Add Comment