Cara Membuat Asinan Buah Khas Bogor Seger Mantap

Cara Membuat Asinan Buah Khas Bogor Seger Mantap – Asinan merupakan salah satu makanan khas nusantara yang dibuat dari campuran buah-buahan dan sayur-sayuran dan dibuatnya menjadi asinan atau acar. Makanan asinan ini proses perendamannya memakai cuka atau garam., proses ini yang membuat asinan ini memiliki rasa yang masam dan cenderung segar. Asinan yang sangat famous dan mudah kita dapatkan adalah asinan khas bogor dan betawi, dan asinan ini adalah salah satu oleh-oleh khas bogor.

Pada siang hari saat matahari terasa sangat terik, asinan bogor yang sangat famous ini bisa kamu jadikan pilihan untuk sekedar melepaskan rasa panas yang ada dengan kesegaran dari asinan ini. Pokonya dijamin rasa panas yang ada akan seketika hilang karena kesegaran yang tak terhingga hehe. Nah disini kita akan coba bahas gimana sih cara bikin asinan bogor yang udah sangat terkenal diberbagai daerah. Bumbu dan bahan dari asinan bogor ini mudah didapat, dan cara mengolahnya pun nggak ribet, nggak pake lama dan gampang banget. Nah,bahan dasar dari asinan bogor ini mirip-mirip sama bahan rujak, tapi bedanya adalah cara pembuatannya. Biar nggak penasaran yuk kita intip bagaimana cara membuat asinan yang menjadi icon oleh-oleh khas bogor ini..

Cara Membuat Asinan Buah Khas Bogor Seger Mantap

Bahan buah-buahan dan sayur-sayuran untuk asinan bogor :

  • Nanas si madu yang udah matang 1 buah
  • Bengkoang 1 buah, dipotong dadu
  • Mentimun 2 buah, diiris kecil-kecil
  • Manga yang masih mengkal atau setengah matang 2 buah
  • Buah salak 4 biji, buang biji salaknya
  • Buah papaya mengkal atau tidak terlalu matang 100 gram
  • Sortel 1 buah, diiris tipis sebesar korek api
  • Taugo sebanyak 259 gram, dicucu dulu ya
  • Kedondong setengah matang 5 buah
  • Jambu air matang 6 buah
  • Kol asin 100 gram, diiris tipis-tipis ya

Bumbu – bumbu asinan bogor :

  • ½ sdt terasi udang
  • 2 sdm garam dapur yang halus
  • 250 gram gula pasir putih
  • 2 sdm cuka siap saji
  • 2 buah cabe merah kriiting
  • 8 buah cabe rawit merah
  • 500 ml air putih bersih
  • 2 sdm air perasan jeruk lemon

Langkah- langkah membuat asinan buah khas bogor :

  1. Siapkan buah-buahan dan sayur-sayuran kemudian potong semua bahan sampai selesai, lalu sisihkan.
  2. Kemudian haluskan bumbu-bumbu seperti cabe keriting, asam jawa, cabe rawit dan terasi, lalu sisihkan.
  3. Langkah selanjutnya, ambil panic dan didihkan air. Lalu masukkan sedikit garam dan gula pasir aduk-aduk sampai larut.
  4. Setelah gula dan garam larut kemudian masukkan bumbu yang telah dihaluskan, aduk-aduk sampai mendidih. Pastikan harus matang dan tercampur rata.
  5. Setelah bumbu asinan matang, angkat dan dinginkan.
  6. Kemudian setelah bumbu asinan dingin lalu tuangkan sedikit cuka dan semua bahan-bahan sayuran dan buah-buahan, aduk-aduk sampai buah dan sayur sampai terendam didalam air bumbu asinan bogor.
  7. Kemudian siapkan toples atau wadah untuk menyajikan asinan bogor.
  8. Dan asinan bogor siap disajikan dan dinikmati.

Kalo ada bahan-bahan yang kurang kamu suka, kamu bisa ganti sesuia selera dan untuk bumbu seperti asam jawa atau cuka kamu bisa pilih satu aja. Setelah selesai kamu juga bisa tambahkan kacang tanah goreng atau bahan lainnya sebagai toping. Selamat mencoba resep asinan buah bogor yang segar dan enak ini di rumah.

Terima kasih.

Incoming search terms:

  • makanan seger
  • cara buat asinan acar
  • asinan buah serut

Add Comment